Menjelaskan Pemrograman Komputer

Pemrograman komputer adalah proses merancang dan menulis program komputer. Itu cukup mudah, bukan?

Pada dasarnya, Anda dapat menganggap pemrograman sebagai memberikan instruksi kepada komputer untuk melakukan sesuatu yang Anda inginkan – yang mungkin mirip dengan cara Anda mengoperasikan komputer desktop. Sederhananya, satu-satunya perbedaan antara apa yang Anda lakukan sekarang sebagai pengguna komputer dan apa yang mungkin Anda lakukan sebagai pemrogram komputer adalah bahwa instruksi disimpan di suatu tempat sehingga dapat digunakan berulang kali. Bahkan, jika Anda telah menggunakan makro dalam program perangkat lunak seperti pengolah kata atau spreadsheet (atau banyak aplikasi lain yang mendukung makro), Anda telah melakukan pemrograman komputer.

Sebuah program dapat sesederhana sekelompok instruksi yang disimpan dalam file teks untuk melakukan beberapa tugas umum, seperti mencadangkan semua file komputer dalam folder, atau serumit sesuatu seperti pengolah kata, atau sistem operasi yang digunakan komputer Anda. penggunaan yang membutuhkan jutaan baris kode. Kita perlu memahami bahwa komputer, yang umumnya hanya sepotong logam, plastik, silikon, dan bahan lain yang disatukan sedemikian rupa sehingga memungkinkan mereka melakukan beberapa hal menakjubkan yang tampak seperti berpikir, sebenarnya tidak dapat berpikir sama sekali. Tapi apa yang bisa mereka lakukan dengan sangat baik adalah mengikuti instruksi. Jadi, apa arahan ini? Pada tingkat yang dipahami oleh komputer, instruksi ini harus sangat tepat, sangat rinci, dan sangat lengkap, dan harus dalam bentuk yang dapat dipahami oleh prosesor dan bagian lain dari komputer – dan itulah beberapa pulsa listrik yang dapat ‘t dipancarkan oleh manusia (setidaknya tidak saat ini).

Anda dapat menganggap program komputer sebagai resep: seperangkat instruksi yang dapat diikuti untuk menghasilkan hasil. Jika ada resep, petunjuknya digunakan oleh manusia dan oleh karena itu bisa sedikit deskriptif, meninggalkan beberapa detail. Misalnya, jika instruksi resepnya adalah “masukkan campuran ke dalam blender dan kocok sampai berbusa”, itu mengasumsikan bahwa manusia tahu apa itu blender, dan di mana letaknya, dan bagaimana membuatnya, dan bagaimana menggunakannya – dan juga apa artinya menuangkan, dan apa artinya berbusa, dan seterusnya. Koki manusia diharapkan untuk mengisi kekosongan. Komputer tidak dapat melakukan ini – tidak tahu apa artinya, kecuali beberapa instruksi yang sangat sederhana. Jadi cara yang kami lakukan adalah dengan memberikan manusia cara untuk menulis instruksi yang kemudian dapat diterjemahkan menjadi sesuatu yang dapat dipahami oleh komputer. “Cara menulis instruksi” disebut bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman yang memungkinkan kita untuk melakukannya adalah menulis instruksi untuk komputer dalam bentuk yang kurang lebih dapat dibaca manusia yang kemudian dapat diterjemahkan menjadi sesuatu yang dapat digunakan oleh komputer. Instruksi yang dapat dibaca manusia biasanya diucapkan (Anda dapat menebaknya) – kode! Setiap baris kode yang dapat dibaca manusia diterjemahkan ke dalam ribuan instruksi komputer yang terperinci. Program khusus (atau kelompok program) digunakan untuk melakukan terjemahan ini – setiap bahasa komputer memiliki penerjemahnya sendiri, yang disebut kompiler atau juru bahasa. Setelah terjemahan selesai, hasilnya disimpan dalam beberapa bentuk seperti file atau sekelompok file (atau dalam memori komputer dalam beberapa kasus), dan setiap kali perangkat lunak dijalankan, komputer akan mengikuti instruksi dan (semoga) program akan melakukan apa pun yang seharusnya dilakukan.

Meskipun sering dibayangkan bahwa Anda harus menjadi jenius untuk dapat menulis perangkat lunak yang berguna, hampir semua orang yang paham komputer dan tertarik untuk menjadi pengguna yang hebat dapat belajar memprogram. Sejumlah besar perangkat lunak ditulis oleh rata-rata orang dengan pengetahuan dan keterampilan khusus. Menguasai pemrograman komputer bisa menjadi usaha seumur hidup, tetapi mengumpulkan pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk dapat melakukan hal-hal yang berguna berada di luar jangkauan siapa pun yang tahu cara menggunakan komputer dan bersedia mendedikasikan beberapa waktu … atau mungkin banyak waktu, tapi tetap saja – itu tidak bisa dicapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *