Komputer Generasi Keempat

Komputer generasi keempat dimulai sekitar tahun 1975 dan berlangsung hingga sekitar tahun 1985. Ini menandai periode sejarah komputer ketika chip sirkuit terintegrasi berkembang menjadi mikroprosesor, “komputer di atas chip”. Akibatnya, komputer desktop fungsional pertama kali muncul, dimulai dengan model eksperimental DIY hobi, seperti kit pesanan surat Altair 8800, dan maju ke model komersial awal seperti Commodore dan Tandy TRS-80. Periode ini menandai keberhasilan pengenalan dan produksi massal model desktop awal dari PC IBM, beberapa klonnya, dan Apple Macintosh.

Bintang komputer generasi sebelumnya adalah komputer Kontrol Data CD 1604 tahun 1960-an. Untuk memproses data, ia memiliki sekitar 25.000 transistor dan 100.000 dioda antara ribuan resistor dan kapasitor, semuanya terintegrasi secara terpisah.

Mikroprosesor sedang dalam perjalanan untuk melakukan semua hal yang dilakukan CD 1604 pada satu chip. Itu lahir ketika para peneliti di Intel menggabungkan semua fungsi pemrosesan aritmatika, logika, dan kontrol menjadi satu chip melalui proses fotolitografi.

CPU membaca data dan instruksi yang dimasukkan sebagai byte kode 8-bit. Pembacaan tersebut melibatkan perhitungan aritmatika dan logika pada kode. Data dan instruksi yang dihasilkan selanjutnya memungkinkan fungsi kontrol untuk memesan kode ke dalam berbagai aliran data yang ditulis atau diterima sebagai output grafis pada monitor.

Chip mikroprosesor terintegrasi mulai dikenal sebagai unit pemrosesan pusat – CPU – atau “otak” dari model komputer. Pintu masuknya meningkatkan penemuan chip sirkuit terintegrasi 1958-1959 sebelumnya oleh Jack Kilby, di Texas Instruments, dan Robert Noyce, kemudian di Fairchild Semiconductor. Kedua insinyur ini secara otomatis meminimalkan transistor dan membuat chip IC sebagai bagian dari silikon (atau germanium). Penemuan mereka pada dasarnya mengantarkan era baru elektronik solid state.

Kilby menerima Hadiah Nobel untuk chip IC sementara Noyce melanjutkan perkembangannya sebagai pendiri Intel Corporation. Sementara itu, miniaturisasi komponen elektronik solid state segera mendorong teknologi menuju kemajuan baru dalam proyek luar angkasa, pertahanan, dan konsumen. Pada 1970-an, integrasi skala besar (LSI) dari puluhan ribu transistor pada satu chip pada akhirnya akan mengarah pada integrasi skala sangat besar (VLSI) dengan jutaan dan, kemudian, miliaran transistor per chip setelah pergantian abad. .

Di bawah Noyce, Intel meluncurkan mikroprosesor CPU-status pertama, 4004, pada 15 November 1971. Perusahaan juga mengembangkan chip memori akses acak pertama, chip RAM, untuk menyediakan penyimpanan sementara bagi CPU. 4004 dapat memproses 60.000 (60K) instruksi per detik. Tidak sampai Intel menghasilkan mikroprosesor 8080 8-bit, April 1974, revolusi desktop mulai berkembang.

The 8080 memiliki sekitar 6.000 transistor yang miniatur oleh fotolitografi menjadi chip mikroprosesor tunggal. Ini memiliki kecepatan clock 2 MHz, dan dapat memproses beberapa ratus ribu lead per detik.

Segera setelah itu, para penggemar memesan MITS Altair 8800, komputer tanpa dasar yang menggunakan mikroprosesor 8080, setelah diiklankan di sampul Popular Electronics tahun 1975. Unit penerjemah bahasa pemrograman BASIC untuk mem-boot dan mengarahkan komputer dirancang oleh Bill Gates dan Paul Allen.

Pada tahun 1976, Steve Wozniak dan Steve Jobs mendirikan Apple Computer, Inc. untuk memulai eksperimen dengan model komputer pertama mereka. Mereka menggunakan mikroprosesor Z80 sebagai CPU. Kedua pendiri mulai memproduksi mikrokomputer Apple II mereka dalam skala besar pada tahun 1977.

Xerox, Inc. adalah eksperimen penting dalam teknologi desktop awal. Pada pertengahan 1970-an, Xerox telah merakit versi desktop dari sistem komputer mini yang disebut Alto, di Pusat Penelitian Palo Alto mereka. Xerox telah melakukan banyak penelitian dalam menggunakan grafik. Semua model desktop awal menggunakan kontrol baris perintah di mana pengguna akan mengetikkan baris perintah pada prompt perintah. Pembuat desktop awal seperti Steve Jobs mengunjungi Xerox PARC dan menerima ide tentang antarmuka pengguna grafis dan mouse.

Tonggak sejarah komputer generasi ketiga lainnya termasuk munculnya IBM PC, dengan sistem operasi dari Microsoft, dan pengenalan Apple Macintosh pada tahun 1984. IBM meluncurkan versi pertama dari IBM PC pada bulan Agustus 1981. Pada tahun 1982, ia dikirimkan dengan MS-DOS sebagai sistem operasi. Model maju berikutnya adalah IBM PC / AT yang dirilis Agustus 1984, berdasarkan CPU Intel 1628-bit 80286, dengan 134.000 transistor. CPU ini dapat mencapai kecepatan 8Mhz. Banyak klon diproduksi berdasarkan model IBM-PC, terutama dari Compac.

Dengan bakat khusus, selama iklan Super Bowl XVIII, 22 Januari 1984, Apple meluncurkan komputer desktop Macintosh. Mengatur merek dagang Apple, Macintosh dikenal dengan kemampuan grafisnya yang menarik. Sistem ini, dengan CPU Motorola 68k 16-bit, adalah hak milik dan tidak dapat dikloning.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *