Keuntungan Komputer di Industri Makanan & Minuman

Komputer telah merevolusi industri makanan dan minuman seperti halnya hampir semua industri lainnya. Komputer memiliki dampak positif dan terukur di bagian depan dan belakang operasi perhotelan. Sistem komputer telah meningkatkan kinerja karyawan, serta kualitas dan konsistensi makanan dan minuman. Dalam industri makanan dan minuman tidak ada lagi pertanyaan tentang teknologi apa yang harus digunakan, tetapi pertanyaan tentang teknologi apa yang harus digunakan? Dalam bisnis makanan dan minuman, komputer ada di sini.

Dalam industri perhotelan, layanan pelanggan merupakan faktor penting mutlak untuk sukses. Komputer membantu dalam bidang ini dalam beberapa cara. Di banyak restoran, staf menunggu dapat memproses berbagai bentuk pembayaran di meja tamu, memungkinkan para tamu untuk keluar langsung dari meja mereka tanpa harus berhenti di stasiun kasir pusat. Hal ini menghilangkan antrean panjang yang tidak sedap dipandang, yang mengganggu pelanggan, dan mengganggu arus lalu lintas di bisnis makanan dan minuman. Layanan ini dimungkinkan oleh komputer genggam kecil yang menangani transaksi kartu kredit menggunakan teknologi nirkabel, atau melalui sistem titik penjualan jarak jauh yang berinteraksi dengan sistem komputer pusat. Ini meningkatkan pengalaman bersantap pelanggan, yang seharusnya menjadi tujuan dari setiap bisnis layanan makanan.

Perhatian utama manajemen bisnis makanan dan minuman adalah margin keuntungan. Di bidang bisnis yang penting ini, komputer juga terbukti menjadi alat yang sangat diperlukan. Sistem komputer membantu mengelola seluruh proses layanan makanan mulai dari memesan bahan yang dibutuhkan untuk menghasilkan item menu, hingga memprediksi jumlah item yang harus disiapkan untuk setiap periode makan berdasarkan pola historis. Ini membantu mengurangi makanan yang terbuang, yang sangat mahal dan menghasilkan keuntungan dari bisnis. Ini juga membantu dalam menyiapkan item menu sebelumnya, yang mengurangi waktu tunggu pelanggan. Komputer juga mampu memprediksi dengan tingkat akurasi yang tinggi jumlah bisnis yang diharapkan yang memungkinkan manajer untuk mengelola bisnis mereka dengan baik. Ini sangat penting karena memiliki terlalu banyak staf dapat menghabiskan gaji yang tidak perlu, dan tidak memiliki cukup staf akan menyebabkan masalah layanan pelanggan.

Komputer juga digunakan dengan cara yang sangat inovatif oleh beberapa bisnis makanan dan minuman. Misalnya, Restoran Darden yang memiliki dan mengoperasikan jaringan lobster Merah dan Olive Garden menggunakan komputer untuk membantu memilih lokasi pembangunan baru. Sistem komputer ini menggunakan program perangkat lunak yang disebut Darden Site Analyzer. Perangkat lunak ini mengumpulkan informasi penting yang diperlukan untuk memilih situs web, seperti demografi, jarak ke restoran lain, dan informasi pelanggan khusus untuk model bisnis Darden. Program kemudian menganalisis situs dan menyiapkan serangkaian laporan untuk membantu Darden membuat keputusan akhir. Darden berencana untuk meningkatkan perangkat lunak sehingga dapat menilai hal-hal seperti apakah restoran Darden yang baru akan berdampak negatif pada restoran Darden lainnya di area yang sama.

Sistem komputer telah menjadi bagian integral dari semua aspek industri makanan dan minuman, mereka membantu keputusan pembelian, pengendalian persediaan, penjadwalan dan pelatihan karyawan, serta akuisisi dan retensi pelanggan. Indikator kunci dari tren yang berkembang ini adalah kenyataan bahwa banyak program pelatihan perhotelan sekarang memasukkan kursus komputer dan teknologi dalam kurikulum.

Setiap tahun para inovator menciptakan cara yang lebih unik untuk menggunakan teknologi guna meningkatkan pengalaman bersantap komersial secara keseluruhan. Komputer membuat makan di luar menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan bagi konsumen dan pengalaman pengelolaan yang lebih menguntungkan bagi manajer dan pemilik bisnis.

(c) 2006, Marcus Barber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *